MATERI 06


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
:
IPS Terpadu
Kelas/ Semester
:
X/2
Pertemuan ke 
:
8
Alokasi waktu
:
2 x 35 Menit
Standart Kompetensi
:
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
Indikator  
:
·         Menjelaskan manfaat dan nilai suatu barang sesuai dengan macamnya
·         Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sesuai dengan pembagiannya.
·         Menguraikan perilaku konsumsi sesuai dengan macamnya.

A.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Tujuan Akademik
·         Siswa dapat menjelaskan manfaat dan nilai suatu barang sesuai dengan macamnya
·         Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen sesuai dengan pembagiannya.
·         Siswa dapat menguraikan perilaku konsumsi sesuai dengan macamnya.

Ø  Tujuan Non-Akademik
·         Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang perilaku konsumen dan produsen..
·         Siswa dengan disiplin menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan mengenai perilaku konsumen dan produsen.
·         Siswa bekerja keras dan kreatif  dalam  mengindentifikasikan perilaku konsumen dan produsen.
·         siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai perilaku konsumen dan produsen.
·         Siswa dapat saling bertanggungjawab atas penyelesaian masalah dalam perilaku konsumen dan produsen.i
·         Siswa dapat menciptakan rasa toleransi dalam penyelesaian masalah dalam perilaku konsumen dan produsen.


B.     Materi Pembelajaran
Perilaku konsumen dan produsen.
1
Perilaku konsumen dan produsen.

a. Manfaat dan nilai suatu barang.

Uraian Materi
Perilaku konnsumen dan produsen
a. Perilaku produsen.
Perilaku konsumen adalah perilaku konsumen yang didasari atas pertimbangan rasional dalam memutuskan untuk mengkonsumsi suatu produk. Suatu pembelian dapat dikatakan rasional, bila dasar pertimbangannya adalah :
·         Produk tersebut mampu memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
·         Produk tersebut benar – benar dibutuhkan konsumen.
·         Mutu produk
·         Harga terjangkau dan sesuai dengan kemampuan konsumen yang membeli.
Perilaku tidak rasional.
·         Sebuah tindakan dalam berbelanja dapat dikatakan tidak rasional bila seorang konsumen memutuskan membeli barang tanpa pertimbangan yang baik. Misalnya :
·         Membeli barang hanya karena tertarik dengan iklannya.
·         Tertarik membeli barang hanya karena mereknya yang terkenal.
·         Membeli barang hnaya karena obral.
Rasional atau tidaknya seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi sangat dipengaruhi oleh :
·         Tingkat pendidikan : semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka cenderung semakin rasional pilihan yang dibuat orang tersebut.
·         Tingkat kedewasaan : semakin dewasa seseorang, maka orang tersebut cenderung semakin bijaksana dalam bertindak.
·         Kematangan emosional : orang yang mampu mengendalikan diri tidak tergesa – gesa dalam mengambil keputusan .

b. Perilaku konsumen
Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan keguanaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan perilaku produsen adalah upaya – upaya orang – orang dalam kegiatan membuat barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mendistribusikannya serta menjualnya kepada konsumen secara langsung atau melalui saluran distribusi tertentu.

Perilaku produksi
Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis. Agar berhasil, seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal :
·         Perencanaan yaitu menyusun strategi  atau rencana bisnis.
·         Pengorganisasian yaitu semua sumber daya yang ada harus bisa ia kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya.
·         Pengarahan yaitu agar rencana bisa terwujud, pengusaha wajib mengarahkan dan membimbing anak buahnya.
·         Pengendalian yaitu kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana hasil pelaksanaan kerja tersebut.

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

D.    Skenario Pembelajaran
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi Waktu
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan
b.      Motivasi
Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
10 Menit
Kegiatan Inti
a.      Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar
b.      Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi
c.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan
d.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
-          Powerpoint
50 Menit
Penutup
a.      Releksi
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan
b.      Evaluasi
Guru memberikan tugas bagi siswa
-           
10 Menit

E.     Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1.      Sumber
·         Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
·         Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
·         Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
·         Blog : onoguruku.blogspot.com
2.      Alat dan Media Pembelajaran
·         Papan tulis dan spidol  
·         Powerpoint

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian yaitu :
a.      Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b.      Ranah Afektif :
Indikator
Deskripsi
Skor
Ketekunan
·         Tugas dan lembar kerja siswa lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada
4
3
2
1
Kerjasama
·         Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru
4
3
2
1
Disiplin
·         Siswa selalu tepat waktu masuk kelas
2
Total Skor
10

Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9   
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9

2.      Instrumen Penilaian
a.      Tes uraian subjektif dalam bentuk tes tulis
Soal
Nilai Per-Point
1.      Berikanlah penjelasan mengenai prinsip ekonomi dalam bentuk contoh minimal 2 contoh ?




2.      Berikanlah penjelasan mengenai motif ekonomi dalam bentuk contoh minimal 2 contoh ?



3.      Bagaimana bentuk hubungan antara motif dan prinsip ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan manusia dalam kehidupan bermasyarakat ?



4.      Sebutkan dan beri penjelasan pada tindakan – tindakan dalam motif ekonomi ?
Soal no (1) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (1) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (1) Menjawab Salah  = 5

Soal no (1) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (1) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (1) Menjawab Salah  = 5

Soal no (1) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (1) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (1) Menjawab Salah  = 5

Soal no (1) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (1) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (1) Menjawab Salah  = 5
Total Skor
100