RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran | : | IPS Terpadu |
Kelas/ Semester | : | X/2 |
Pertemuan ke | : | 1 |
Alokasi waktu | : | 2 x 35 Menit |
Standart Kompetensi | : | Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi. |
Kompetensi Dasar | : | Mengidentifikasi kebutuhan manusia. |
Indikator | : | · Menjelaskan pengertiannya kebutuhan manusia. · Mengidentifikasi kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya. · Mengidentifikasikan factor – factor yang mempengaruhi kebutuhan sesuai dengan sifatnya. |
A. Tujuan Pembelajaran
Ø Tujuan Akdemik.
· Siswa dapat memahami tentang kebutuhan manusia.
· Siswa dapat memahami tentang kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya.
· Siswa dapat memahami tentang factor – factor yang mempengaruhi kebutuhan sesuai dengan sifatnya .
Ø Tujuan Non Akademik
· Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang kebutuhan manusia
· Siswa dapat memahami tentang kebutuhan manusia sesuai dengan macamnya dengan disiplin.
· Siswa bekerja keras dan kreatif dalam mengindentifikasikan berbagai macam kebutuhan manusia.
· Siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai kebutuhan manusia.
B. Materi Pembelajaran
Kebutuhan manusia, yang terdiri dari :
· Pengertian kebutuhan
· Macam – macam kebutuhan
· Faktor – factor yang mempengaruhi kebutuhan
Uraian Materi
1. Pengertian kebutuhan
Sesuatu yang diperlukan manusia dalam hidupnya, yang bisa diperoleh dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang dan jasa
2. Macam – macam kebutuhan
a. Kebutuhan menurut kepentingan
· Kebutuhan primer yaitu kebutuhan untuk dapat menjaga kelangsungan hidupnya dengan baik
Contoh : Sandang, pangan dan papan
· Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer atau disebut juga kebutuhan pelangkap.
Contoh : Lemari, kipas angin dan handphone
· Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.
Contoh : Mobil, Apartement dan Pesawat.
b. Kebutuhan menurut sifatnya yaitu kebutuhan yang
· Kebutuhan jasmani
· Kebutuhan rohani
c. Kebutuhan menurut waktunya
· Kebutuhan sekarang
· Kebutuhan masa depan
· Kebutuhan sepanjang waktu
d. Kebutuhan menurut subjek
· Kebutuhan pribadi
· Kebutuhan social
3. Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
D. Skenario Pembelajaran
Tahap | Uraian Kegiatan Pembelajaran | Alat dan Media Pembelajaran | Estimasi Waktu |
Pendahuluan | a. Apresepsi Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan b. Motivasi Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis | 10 Menit |
Kegiatan Inti | a. Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar b. Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi c. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan d. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis - Powerpoint | 50 Menit |
Penutup | a. Releksi Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan b. Evaluasi Guru memberikan tugas bagi siswa | - | 10 Menit |
E. Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1. Sumber
· Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
· Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
· Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
· Blog : onoguruku.blogspot.com
2. Alat dan Media Pembelajaran
· Papan tulis dan spidol
· Powerpoint
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian yaitu :
a. Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b. Ranah Afektif :
Indikator | Deskripsi | Skor |
Ketekunan | · Tugas dan lembar kerja siswa lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada | 4 3 2 1 |
Kerjasama | · Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru | 4 3 2 1 |
Disiplin | · Siswa selalu tepat waktu masuk kelas | 2 |
Total Skor | 10 |
Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9
2. Instrumen Penilaian
a. Tes uraian subjektif dalam bentuk tes tulis
Soal | Nilai Per-Point |
1. Berikanlah contoh minimal 3 dan penjelasan mengenai kebutuhan menurut kepentingannya ? 2. Berikanlah contoh minimal 3 dan penjelasan mengenai kebutuhan menurut kepentingannya waktunya ? 3. Berikanlah contoh minimal 3 dan penjelasan mengenai kebutuhan menurut kepentingannya sifatnya ? 4. Berikanlah contoh minimal 3 dan penjelasan mengenai kebutuhan menurut kepentingannya subyeknya ? | Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Tidak Menjawab = 5 Soal no (2) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (2) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (2) Tidak Menjawab = 5 Soal no (3) lengkap = 25 (Sebut 3 – 4 point) Soal no (3) kurang lengkap = 15 (Sebut 1 – 2 point ) Soal no (3) Tidak Menjawab = 5 Soal no (4) lengkap = 25 (Sebut 3 – 4 point) Soal no (4) kurang lengkap = 15 (Sebut 1 – 2 point ) Soal no (4) Tidak Menjawab = 5 |
Total Skor | 100 |
b. Tes Tanya Jawab dalam bentuk tes lisan
Keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan memperoleh point 10
Keterangan :
Tes ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang nilai hasil tugas subjektif dibawah SKM yaitu 75
Kencong, 02 Desember 2010
Praktikan
Andhika Wahyudiono
NIM. 070210301109
Mengethui,
Guru Pamong Drs. Sujono | Dosen Pembibing Drs. Sutrisno Djaja, M.M NIP. 19540302198601 1 001 |
Kepala Sekolah
Liswiadji, S.Pd