MATERI 03


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
:
IPS Terpadu
Kelas/ Semester
:
X/2
Pertemuan ke 
:
3
Alokasi waktu
:
2 x 35 Menit
Standart Kompetensi
:
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
Indikator  
:
Mengidentifikasikan barang dan jasa sesuai dengan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.  

A.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Tujuan Akdemik.
·         Siswa dapat mengidentifikasikan barang dan jasa sesuai dengan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. 
Ø  Tujuan Non Akademik  
·         Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang masalah pokok ekonomi
·         Siswa dengan disiplin menyelesaikan pokok masalah ekonomi.
·         Siswa bekerja keras dan kreatif  dalam  mengindentifikasikan Masalah pokok ekonomi
·         Siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai masalah pokok ekonomi
·         Siswa dapat saling bertanggungjawab atas penyelesaian masalah pokok ekonomi

B.     Materi Pembelajaran
Masalah pokok ekonomi yang meliputi :
·         Barang apa yang diproduksi
·         Bagaimana cara memproduksi
·         Untuk siapa barang diproduksi.


Uraian Materi
Masalah pokok ekonomi yang meliputi :
1.      Apa saja barang yang akan diproduksi (What) ?
Maksudnya masyarakat harus menentukan jenis dan jumlah barang atau jasa yang akan diproduksi dan menentukan kapan proses produksi dilakukan (Paul A. Samuelso, 2002). Sumber daya yang tersedia jumlahnya terbatas atau langka sehingga tidak ada perekonomian yang dapat memproduksi barang dan jasa sebanyak yang diinginkan oleh seluruh anggota masyarakatnya.
2.      Bagaimana cara memproduksi (How) ?
Barang atau jasa biasanya dapat diproduksi dengan kombinasi sumber daya dan teknik yang berbeda. Oleh sebab itu, masyarakat menghadapi masalah pemilihan teknik mengolah sumber daya dengan biaya paling sedikit untuk setiap satuan barang dan jasa yang diputuskan untuk diproduksi.
3.      Untuk siapa barang diproduksi (For Whom) ?
Masyarakat harus menentukan seberapa banyak kebutuhan dari setiap konsumen harus dipenuhi (Paul A. Samuelson, 2002).

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

D.    Skenario Pembelajaran
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi Waktu
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan
b.      Motivasi
Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
10 Menit
Kegiatan Inti
a.      Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar
b.      Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi
c.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan
d.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
-          Powerpoint
50 Menit
Penutup
a.      Releksi
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan
b.      Evaluasi
Guru memberikan tugas bagi siswa
-           
10 Menit

E.     Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1.      Sumber
·         Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
·         Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
·         Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
·         Blog : onoguruku.blogspot.com
2.      Alat dan Media Pembelajaran
·         Papan tulis dan spidol  
·         Powerpoint

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian yaitu :
a.      Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b.      Ranah Afektif :
Indikator
Deskripsi
Skor
Ketekunan
·         Tugas dan lembar kerja siswa lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada
4
3
2
1
Kerjasama
·         Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru
4
3
2
1
Disiplin
·         Siswa selalu tepat waktu masuk kelas
2
Total Skor
10

Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9   
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9

2.      Instrumen Penilaian
Tes Tanya Jawab dalam bentuk tes lisan
Keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan memperoleh point 10


Kencong, 02 Desember 2010

Praktikan


Andhika Wahyudiono
NIM. 070210301109


Mengethui,
Guru Pamong


Drs. Sujono

Dosen Pembibing


Drs. Sutrisno Djaja, M.M
NIP. 19540302198601 1 001

Kepala Sekolah


Liswiadji, S.Pd
 



 ====================================================================================================
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
:
IPS Terpadu
Kelas/ Semester
:
X/2
Pertemuan ke 
:
4
Alokasi waktu
:
2 x 35 Menit
Standart Kompetensi
:
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi.
Indikator  
:
·         Menjelaskan pengertian sistem ekonomi.
·         Menjabarkan sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
·         Mengidentifikasikan sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi.

A.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Tujuan Akdemik.
·        Siswa dapat memahami tentang pengertian sistem ekonomi.
·        Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
·        Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi.
Ø  Tujuan Non Akademik   
·         Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang sistem ekonomi
·         Siswa dengan disiplin menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan mengenai sistem ekonomi
·         Siswa bekerja keras dan kreatif  dalam  mengindentifikasikan sistem ekonomi
·         Siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai sistem ekonomi
·         Siswa dapat saling bertanggungjawab atas penyelesaian masalah dalam sistem ekonomi

B.     Materi Pembelajaran
Sistem ekonomi yang meliputi :
·         Pengertian sistem ekonomi.
·         Macam – macam sistem ekonomi.
·         Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·         Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
                      
Uraian Materi
a. Pengertian sistem ekonomi
  • Sistem perekonomian adalah suatu sistem sosial kemasyarakatan dalam rangka mencapai kemakmuran. Karena pelaksanaan sistem perekonomian dipengaruhi oleh sistem kemasyarakatan, maka sistem perekonomian yang dianut oleh setiap negara tidaklah sama.

b. Macam – macam sistem ekonomi
1. Sistem ekonomi pasar atau kapitalis.
  • Sistem ekonomi pasar menyerahkan pemecahan dari setiap pertanyaan kepada pasar. Artinya, setiap orang dan setiap perusahaan swasta mempunyai wewenang menentukan kegiatan produksi dan konsumsi.

2. Sistem ekonomi terpusat atau komando.
  • Sistem ekonomi dikendalikan atau kekuasaan dipegang oleh satu lembaga atau satu orang, dan sistem ekonomi ini menunjuk pemerintah sebagai satu – satunya pihak yang harus menjawab tiga pertanyaan ekonomi dengan memiliki sepenuhnya sumber daya dan kekuasaan untuk menetapkan keputusan.

3. Sistem ekonomi campuran.
  • Sistem ekonomi yang dikendalikan dan diawasi oleh pemerintah, tetapi masyarakat mempunyai kebebasan yang cukup luas untuk menentukan kegiatan – kegiatan ekonomi yang ingin mereka lakukan.

c. Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi
1. Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi pasar atau kapitalis.
Kebaikan
Kelemahan
·         Pasar memberikan informasi yang lebih tepat tentang harga, jenis barang, dan jumlah permintaan.
·         Memotivasi para pengusaha terpacu untuk mengembangkan usaha.
·         Tingginya motivasi para pengusaha untuk memperoleh keahlian modern, seperti pemakaian teknologi dan teknik manajemen.
·         Meningkatkan efisiensi penggunaan barang dan biaya produksi.
·         Kreasi dan motivasi masyarakat bebas berkembang.
·         Persaingan usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas barang dan jasa.
·         Kebebasan menjadi tidak terbatas sehingga golongan yang lemah semakin tertindas.
·         Keadaan ekonomi sangat tidak stabil. Misalnya, inflasi dan pengangguran muncul secara tiba – tiba.
·         Munculnya kekuatan monopoli sehingga harga, jenis dan jumlah produksi ditentukan oleh satu produsen.
·         Timbul eksternalitas atau akibat sampingan yang merugikan masyarakat, seperti polusi dan kemacetan lalu lintas.

2. Kebaikan dan kelemahan system terpusat atau komando.
Kebaikan
Kelemahan
·         Terjaminnya kesamaan hak setiap individu sehingga penindasan dapat dihindarkan.
·         Distribusi pendapatan nasional merata.
·         Terjaganya stabilitas perekonomian.
·         Harga barang – barang kebutuhan pokok terkendali.
·         Tidak ada praktik monopoli.
·         Tersedianya fasilitas public untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
·         Hak milik perorangan terbatas.
·         Kebebasan individu untuk berkreasi tidak ada.
·         Potensi, kreasi, dan inovasi masyarakat tidak dapat berkembang.

d. Cara menyelesaikan masalah pada masing – masing system ekonomi.
1.  Sistem ekonomi pasar.
·         Harga barang dan jasa ditentukan oleh mekanisme pasar atau dipengaruhi oleh tindakan pembeli dan penjual di pasar.
·         Fungsi pemerintah sangat terbatas, yakni hanya mengurus keamanan, beberapa jasa pokok, dan melaksanakan aturan – aturan umum untuk melindungi kebebasan – kebebasan politik dan ekonomi.

2. Sistem ekonomi terpusat /komando
·         Produksi ditentukan oleh pemerintah. Penyelesaian masalah pokok ekonomi tentang apa dan beberapa barang yang diproduksi serta bagaimana cara memproduksi diselesaikan oleh pemerintah.

3. Sistem ekonomi campuran.
·         Kegiatan ekonomi yang tidak vital menyentuh rakyat banyak diserahkan kepada pihak swasta.

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab

D.    Skenario Pembelajaran
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi Waktu
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan
b.      Motivasi
Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
10 Menit
Kegiatan Inti
a.      Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar
b.      Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi
c.       Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan
d.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat
-          Buku LKS IPS Terpadu
-          Papan Tulis
-          Powerpoint
50 Menit
Penutup
a.      Releksi
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan
b.      Evaluasi
Guru memberikan tugas bagi siswa
-           
10 Menit

E.     Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1.      Sumber
·         Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
·         Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
·         Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
·         Blog : onoguruku.blogspot.com
2.      Alat dan Media Pembelajaran
·         Papan tulis dan spidol  
·         Powerpoint

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian yaitu :
a.      Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b.      Ranah Afektif :
Indikator
Deskripsi
Skor
Ketekunan
·         Tugas dan lembar kerja siswa lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap
·         Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada
4
3
2
1
Kerjasama
·         Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru
·         Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru
4
3
2
1
Disiplin
·         Siswa selalu tepat waktu masuk kelas
2
Total Skor
10

Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9   
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9

2.      Instrumen Penilaian
a.      Tes uraian subjektif dalam bentuk tes tulis
Soal
Nilai Per-Point
1.      Berikanlah penjelasan mengenai 3 sistem ekonomi ?




2.      Berikanlah 2 contoh  mengenai ke-3 sistem ekonomi ?




3.      Sebutkan dan jelaskan 3 kelebihan pada ke-3 sistem ekonomi ?




4.      Sebutkan dan jelaskan 3 kelemahan pada ke-3 sistem ekonomi ?



Soal no (1) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (1) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (1) Tidak Menjawab = 5

Soal no (2) lengkap  = 25
(Jawaban : uraian)
Soal no (2) kurang lengkap   = 15
(Jawaban : menyebutkan)
Soal no (2) Tidak Menjawab = 5

Soal no (3) lengkap  = 25
(Sebut 3 – 4 point)
Soal no (3) kurang lengkap   = 15
(Sebut  1 – 2  point )
Soal no (3) Tidak Menjawab = 5

Soal no (4) lengkap  = 25
(Sebut 3 – 4 point)
Soal no (4) kurang lengkap   = 15
(Sebut  1 – 2  point )
Soal no (4) Tidak Menjawab = 5
Total Skor
100

b.      Tes Tanya Jawab dalam bentuk tes lisan
Keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan memperoleh point 10

Keterangan :
Tes ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang nilai hasil tugas subjektif dibawah SKM yaitu 75












Kencong, 02 Desember 2010

Praktikan


Andhika Wahyudiono
NIM. 070210301109


Mengethui,
Guru Pamong


Drs. Sujono

Dosen Pembibing


Drs. Sutrisno Djaja, M.M
NIP. 19540302198601 1 001

Kepala Sekolah


Liswiadji, S.Pd