RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran | : | IPS Terpadu |
Kelas/ Semester | : | X/2 |
Pertemuan ke | : | 6 |
Alokasi waktu | : | 2 x 35 Menit |
Standart Kompetensi | : | Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi. |
Kompetensi Dasar | : | Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. |
Indikator | : | · Menjelaskan pengertian sistem ekonomi. · Menjabarkan sistem ekonomi sesuai dengan macamnya. · Mengidentifikasikan sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi. |
A. Tujuan Pembelajaran
a. Tujuan Akademik.
· Siswa dapat memahami tentang pengertian sistem ekonomi.
· Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
· Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi.
- Tujuan Non Akademik
· Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang pelaku - pelaku ekonomi.
· Siswa dengan disiplin menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan mengenai pelaku - pelaku ekonomi
· Siswa bekerja keras dan kreatif dalam mengindentifikasikan pelaku - pelaku ekonomi
· siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai pelaku - pelaku ekonomi
· Siswa dapat saling bertanggungjawab atas penyelesaian masalah dalam pelaku - pelaku ekonomi
· Siswa dapat menciptakan rasa toleransi dalam penyelesaian masalah dalam pelaku - pelaku ekonomi
B. Materi Pembelajaran
Pelaku - pelaku ekonomi : |
a. Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri. |
b. Peran dan pola interaksi diantara mereka. |
Uraian Materi
Pelaku – pelaku ekonomi
a. Produsen, konsumen, pemerintah, masyarakat luar negeri.
1. Rumah Tangga.
Rumah tangga adalah pemilik dari berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekenomian. Sektor ini menyediakan faktor – faktor produksi seperti kekayaan alam, tenaga kerjam alat – alat modal, harta tetap. Sektor rumah tangga ini menawarkan faktor – faktor produksi kepada sektor perusahaan. Sebagai balas jasa atas penggunaan berbagai jenis faktor produksi, maka sektor perusahaan akan memberikan berbagai jenis “pendapatan” kepada sektor rumah tangga.
2. Perusahaan.
Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan menyatukan sumber daya produksi untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan. Perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dan jasa tetapi juga bisa bergerak dalam bidang distribusi.
3. Pemerintah.
Pemerintah adalah badan – badan pemerintah yang diberi tugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan pemerintah ini bertugas mengawasi kegiatan – kegiatan rumah tangga dan perusahaan dengan tujuan agar mereka melakukan kegiatan – kegiatan mereka dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruha. Selain itu pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. Contoh kegiatan mengembangkan prasarana ekonomi seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya. Untuk membiayai pengeluarannya pemerintah mengenakan berbagai jenis pajak kepada rumah tangga dan perusahaan.
4. Luar negeri.
Luar negeri dalam kegiatan ekonomi dapat berperan sebagai penanam modal, pemasok tenaga kerja, pemakai barang dan pemasok hasil produksi yang kita butuhkan.
b. Peran dan pola interaksi diantara mereka.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
D. Skenario Pembelajaran
Tahap | Uraian Kegiatan Pembelajaran | Alat dan Media Pembelajaran | Estimasi Waktu |
Pendahuluan | a. Apresepsi Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan b. Motivasi Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis | 10 Menit |
Kegiatan Inti | a. Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar b. Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi c. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan d. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis - Powerpoint | 50 Menit |
Penutup | a. Releksi Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan b. Evaluasi Guru memberikan tugas bagi siswa | - | 10 Menit |
E. Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1. Sumber
· Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
· Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
· Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
· Blog : onoguruku.blogspot.com
2. Alat dan Media Pembelajaran
· Papan tulis dan spidol
· Powerpoint
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian yaitu :
a. Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b. Ranah Afektif :
Indikator | Deskripsi | Skor |
Ketekunan | · Tugas dan lembar kerja siswa lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada | 4 3 2 1 |
Kerjasama | · Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru | 4 3 2 1 |
Disiplin | · Siswa selalu tepat waktu masuk kelas | 2 |
Total Skor | 10 |
Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9
2. Instrumen Penilaian
a. Tes uraian subjektif dalam bentuk tes tulis
Soal | Nilai Per-Point |
1. Berikanlah penjelasan mengenai pelaku – pelaku ekonomi (minimal 3 pelaku ekonomi), jelaskan ? 2. Berikanlah contoh sebanyak 3 pada masing – masing pelaku ekonomi yang telah anda sebutkan pada pertanyaan nomer 1 ? 3. Berikanlah penjelasan mengenai peran masing – masing pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian ? 4. Berikanlah penjelasan mengenai hubungan pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan perekonomian ? | Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 |
Total Skor | 100 |
b. Tes Tanya Jawab dalam bentuk tes lisan
Keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan memperoleh point 10
Keterangan :
Tes ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang nilai hasil tugas subjektif dibawah SKM yaitu 75
Kencong, 02 Desember 2010
Praktikan
Andhika Wahyudiono
NIM. 070210301109
Mengethui,
Guru Pamong Drs. Sujono | Dosen Pembibing Drs. Sutrisno Djaja, M.M NIP. 19540302198601 1 001 |
Kepala Sekolah
Liswiadji, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran | : | IPS Terpadu |
Kelas/ Semester | : | X/2 |
Pertemuan ke | : | 7 |
Alokasi waktu | : | 2 x 35 Menit |
Standart Kompetensi | : | Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi. |
Kompetensi Dasar | : | Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. |
Indikator | : | · Menjelaskan pengertian sistem ekonomi. · Menjabarkan sistem ekonomi sesuai dengan macamnya. · Mengidentifikasikan sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi. |
A. Tujuan Pembelajaran
Ø Tujuan Akdemik.
· Siswa dapat memahami tentang pengertian sistem ekonomi.
· Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan macamnya.
· Siswa dapat memahami tentang sistem ekonomi sesuai dengan caranya dalam memecahkan masalah ekonomi.
Ø Tujuan Non Akademik
· Siswa dengan jujur.mendiskripsikan tentang prinsip dan motif ekonomi.
· Siswa dengan disiplin menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan mengenai prinsip dan motif ekonomi.
· Siswa bekerja keras dan kreatif dalam mengindentifikasikan prinsip dan motif ekonomi.
· siswa secara mandiri mampu menyelesaikan masalah mengenai prinsip dan motif ekonomi..
· Siswa dapat saling bertanggungjawab atas penyelesaian masalah dalam prinsip dan motif ekonomi.
Pelaku - pelaku ekonomi
B. Materi Pembelajaran
Prinsip ekonomi dan motif ekonomi. | |
| a. Prinsip ekonomi. |
| b. Berbagai motif ekonomi. |
Uraian Materi
Prinsip ekonomi dan motif ekonomi.
a. Prinsip ekonomi.
Prinsip ekonomi adalah pedoman atau patokan yang digunakan manusia dalam melakukan kegiatan tindakan ekonomi. Pedoman tersebut berupa :” dengan pengorbanan yang sekecil – kecilnya untuk memperoleh hasil yang tertentu atau dengan pengorbanan yang tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar – besarnya.”
b. Berbagai motif ekonomi.
Motif ekonomi adalah gejala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi.
Tindakan tersebut berupa :
· Untuk mencari keuntungan.
· Untuk mencapai penghargaan.
· Untuk mencapai kekuasaan.
· Untuk melakukan kegiatan sosial.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya jawab
D. Skenario Pembelajaran
Tahap | Uraian Kegiatan Pembelajaran | Alat dan Media Pembelajaran | Estimasi Waktu |
Pendahuluan | a. Apresepsi Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang materi ajar yang telah diajarkan b. Motivasi Memotivasi siswa untuk memahami lebih jauh tentang materi yang akan diajarkan | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis | 10 Menit |
Kegiatan Inti | a. Guru memberikan penjelasan mengenai materi ajar b. Guru memberikan contoh riel mengenai kejelasan materi c. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk didiskusikan d. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat | - Buku LKS IPS Terpadu - Papan Tulis - Powerpoint | 50 Menit |
Penutup | a. Releksi Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai materi ajar yang telah disampaikan b. Evaluasi Guru memberikan tugas bagi siswa | - | 10 Menit |
E. Sumber dan Bahan, Alat Pembelajaran
1. Sumber
· Buku LKS Kelas X IPS Terpadu.
· Buku Ekonomi Kelas X, Ganesa.
· Buku Panduan Kelas X IPS Terpadu jilid 1, Aneka Ilmu.
· Blog : onoguruku.blogspot.com
2. Alat dan Media Pembelajaran
· Papan tulis dan spidol
· Powerpoint
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian yaitu :
a. Ranah Kognitif : Buku LKS Mentari Kelas X IPS Terpadu
b. Ranah Afektif :
Indikator | Deskripsi | Skor |
Ketekunan | · Tugas dan lembar kerja siswa lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa kurang lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak lengkap · Tugas dan lembar kerja siswa tidak ada | 4 3 2 1 |
Kerjasama | · Aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Kurang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru · Tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan guru | 4 3 2 1 |
Disiplin | · Siswa selalu tepat waktu masuk kelas | 2 |
Total Skor | 10 |
Keterangan Nilai :
A = 8- 10
B = 7- 7,9
C = 5 – 6,9
D = 4 – 4,9
2. Instrumen Penilaian
a. Tes uraian subjektif dalam bentuk tes tulis
Soal | Nilai Per-Point |
1. Berikanlah penjelasan mengenai prinsip ekonomi dalam bentuk contoh minimal 2 contoh ? 2. Berikanlah penjelasan mengenai motif ekonomi dalam bentuk contoh minimal 2 contoh ? 3. Bagaimana bentuk hubungan antara motif dan prinsip ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan manusia dalam kehidupan bermasyarakat ? 4. Sebutkan dan beri penjelasan pada tindakan – tindakan dalam motif ekonomi ? | Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 Soal no (1) lengkap = 25 (Jawaban : uraian) Soal no (1) kurang lengkap = 15 (Jawaban : menyebutkan) Soal no (1) Menjawab Salah = 5 |
Total Skor | 100 |
b. Tes Tanya Jawab dalam bentuk tes lisan
Keaktifan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan memperoleh point 10
Keterangan :
Tes ini hanya diperuntukkan untuk siswa yang nilai hasil tugas subjektif dibawah SKM yaitu 75
Kencong, 02 Desember 2010
Praktikan
Andhika Wahyudiono
NIM. 070210301109
Mengethui,
Guru Pamong Drs. Sujono | Dosen Pembibing Drs. Sutrisno Djaja, M.M NIP. 19540302198601 1 001 |
Kepala Sekolah
Liswiadji, S.Pd